11 Tempat Paling Berhantu di Dunia, Salah Satunya di Indonesia

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGWAWAI.COM – Di belahan bumi ini banyak sekali tempat-tempat yang ditenggarai memiliki aura mistis alias berhantu, mulai gedung, rumah, hutan, desa dan sebagainya yang masing-masing memiliki sejarahnya sendiri. Banyak orang yang menghindari tempat seperti itu namun tidak sedikit pula yang penasaran dan sengaja mendatangi kawasan tersebut sebagai ajang uji nyali atau mencari pengalaman supranatural.

Jika ditotal mungkin ada ratusan bahkan tidak terhitung daerah yang dinobatkan sebagai kawasan paling angker didunia. Nah Berikut ini, sebagai perwakilan ada 11 tempat yang dikatakan sebagai kawasan paling berhantu didunia.

Pluckley Village, Kent, Inggris

Salah satu sudut desa Pluckley (Dok. Google).

Desa yang terletak di Kent ini pernah dinobatkan oleh Guinness Book of World Records sebagai desa paling berhantu di Inggris. Dengan perkiraan ada belasan hantu beraneka rupa yang pernah menampakan dirinya disana.

Penampakan yang sering terlihat didesa ini antara lain ialah hantu wanita yang dijuluki “wanita selada air” atau “hantu wanita gypsi” di jembatan Pinnock yang duduk di jembatan sambil minum gin, merokok dan menawarkan selada air daganganya, lalu ada hantu kepala sekolah yang gantung diri, hantu penyamun Robert Du Bois, pub berhantu, kereta kuda hantu yang sering menampakan berlari melintasi desa, hantu anjing putih, dan hantu wanita merah atau “the red lady”.

Tidak hanya itu saja, Desa Pluckley juga memiliki tempat yang bernama Sreaming Wood “hutan menjerit” yang berada di tepi desa. Di hutan ini konon dipenuhi jeritan dari pria dan wanita yang sudah mati, yang menjadi tersesat di lautan pepohonan.

Sangking berhantunya, desa ini kerap didatangi para turis ketika perayaan Halloween yang sengaja datang kesana untuk merasakan pengalaman supranatural.

Myrtles Plantation, Lousiana, Amerika Serikat

Myrtles Plantation (Dok. Google).

Dibangun oleh Jendral David Bradford pada tahun 1796, Perkebunan Myrtles terletak di St. Francisville, Louisiana, Amerika. Tanpa diketahui oleh si mpunya, tanah tersebut dulunya merupakan kuburan yang dikeramatkan oleh suku Indian dan memiliki energi supranatural paling tinggi di dunia.

Dinobatkan sebagai rumah paling berhantu di Amerika, Kabarnya tempat ini dihantui oleh beberapa arwah yang penasaran. Menurut beberapa peneliti sedikitnya pernah terjadi 10 pembunuhan di rumah tersebut

Konon, salah satu penampakan yang paling terkenal ialah arwah dari Chloe, seorang budak yang mati digantung di tengah perkebunan oleh tuannya. Selain itu sering terlihat hantu dua bocah kerap bermain di teras rumah, dan hantu seorang pengacara bernama William Drew Winter yang ditembak mati oleh orang tidak dikenal di rumah itu.

The Tolbooth Museum, Aberdeen, Skotlandia

Tolbooth Museum (Dok.Google).

Bangunan ini awalnya merupakan sebuah penjara untuk pemberontak pada masa revolusi Jacobite di pertengahan 1700-an, Lalu beralih fungsi menjadi tempat penculikan anak yang akan dijual untuk perbudakan di koloni Amerika.

Di antara cerita tentang kejadian-kejadian mistis, Tolbooth sangat familiar dengan suara-suara hentakan rantai, kabut putih misterius yang mendadak muncul, dan perasaan seperti tercekik pada leher-leher kerap dialami para pengunjung yang datang kesana.

Mary King’s Close, Edinburgh, Skotlandia

Mary King’s Close (Dok.Google).

Merupakan sebuah lorong sempit yang terletak di bawah bangunan di Royal Mile, kota Tua bersejarah Edinburgh, Skotlandia. Legendanya, pada abad ke-17, tempat ini telah banyak memakan ratusan korban jiwa akibat wabah penyakit “Black Death” mematikan yang melanda kota tersebut.

Kisah mistis yang beredar disana ialah adanya penampakan hantu gadis kecil berumur 10 tahun bernama Annie yang meninggal akibat penyakit PES. Para pengunjung yang melewati lorong itu pun seringkali tiba-tiba merasakan perubahan suhu yang berubah seperti mendadak tidak enak badan, serta merasakan seolah ada tangan yang menyentuh dan menarik tubuh mereka.

BACA:   #CrazyRichSurabayan, Crazy Rich Asian Versi Orang Kaya Surabaya

Penang War Museum, Malaysia

Penang War Museum (Dok.Google).

Tempat ini sebelumnya dinamakan Bukit Batu Maung yang dibangun pada tahun 1930 oleh Inggris sebagai benteng pertahanan yang kemudian direbut oleh tentara Jepang dan dialihfungsikan sebagai tempat tawanan sekaligus penyiksaan. Berganti nama menjadi Penang War Museum atau disebut juga sebagai Bukit Hantu, tempat ini menjadi saksi sejarah kekejaman tentara Jepang yang menyiksa tawanan sampai mati dan dipercaya arwah para tawanan tersebut masih bergentayangan disana.

Penang War Museum dikatakan sebagai museum paling menyeramkan di Asia, bahkan tempat ini masuk dalam daftar 10 lokasi paling berhantu di Asia oleh National Geographic karena keangkerannya. Salah satu sudut ruangan yang angker adalah ruang eksekusi, karena konon di ruangan ini sering terdengar suara teriakan yang di duga jeritan dari para korban penyiksaan.

Kadangpula wisatawan yang mengunjungi ruangan tersebut mencium bau anyir darah segar yang menyengat, dan melihat hantu-hantu serdadu Jepang sambil membawa Samurai.

Aradale Lunatic Asylum, Victoria, Australia

Aradale Lunatic Asylum (Dok. Google).

Merupakan bekas tempat rumah sakit jiwa yang sudah berumur ratusan tahun dan tercatat sudah belasan ribu pasien yang meninggal disana. Aradale Asylum dibuka sejak tahun 1867 dan karena banyaknya angka kematian pasien yang tak wajar disana, maka tempat ini resmi ditutup tahun 1998.

Beberapa kejadian mistis sudah banyak dialami traveler yang uji nyali disana, seperti mengaku mendengar suara jeritan, tangisan atau suara orang yang tertawa keras di dalamnya. Bahkan, ada juga traveler yang mendengar suara kepala orang yang dibenturkan ke tembok.

Salah satu kisah mistis yang terkenal di sana adalah hantu perawat Kerry. Konon, hantu ini sering menampakan diri kepada traveler dengan wujud perawat perempuan memakai seragam putih.

Karena banyaknya kisah mistis disana, pemerintah setempat bahkan membuka tur wisata mistis ke Rumah Sakit Jiwa Aradale, yang bernama Aradale Ghost Tours. Tur yang ditawarkan adalah mengelilingi rumah sakit jiwa tersebut di malam hari setelah pukul 20.00 waktu setempat selama 2 jam.

Disana, pengunjung akan dipandu untuk menjelajahi ke berbagai ruangan, seperti kamar pasien, dapur, kapel, ruang operasi sampai kamar mayat. Para pemandu juga akan menceritakan aneka kisah-kisah menyeramkan selama tour berlangsung.

La Isla De Las Munecas, Mexico

Isla de las Munecas (Dok. Google).

Terletak di Xochimilco, selatan pusat Kota Meksiko, Isla de las Munecas atau disebut sebagai Pulau Boneka karena tempat ini dipenuhi oleh ribuan berbagai macam jenis boneka menyeramkan yang terpajang di segala penjuru pulau tersebut.

Latar belakang adanya ribuan boneka tersebut berawal dari Don Julian Santana Barrera sang penjaga pulau itu yang selalu digentayangi oleh arwah gadis kecil yang ditemukan olehnya tenggelam disekitar danau disana.

Barrera yang stress akhirnya berupaya menenangkan roh gadis itu dengan memajang boneka-boneka yang ditemuinya baik di tempat sampah, mengambang di laut dan lain-lain dengan harapan agar arwah si gadis bisa damai di alamnya. Pria yang tinggal menyendiri dipulau tersebut sudah mulai mengumpulkan boneka-boneka itu sejak tahun 1950 sampai akhir khayatnya menjemput pada tahun 2001.

BACA:   Dalam Semalam, Babe Lungsir Mampu Raih Omzet Hingga Rp 500 Ribu

Menurut cerita yang beredar dimasyarakat, selain dipengaruhi oleh bentuk-bentuk boneka yang menyeramkan karena terurai secara alami, keangkeran pulau tersebut juga ditunjukan ketika malam hari kerap terdengar jeritan suara dari boneka-boneka disana, bahkan konon katanya, ada yang pernah melihat boneka disana dapat bergerak sendiri.

Lawang Sewu, Semarang, Indonesia

Lawang Sewu (Dok. Google).

Gedung bersejarah di Indonesia ini berlokasi di Kota Semarang, Jawa Tengah. Tempat ini dahulu merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS yang dibangun melibatkan dua arsitek asal Belanda yaitu Prof. Jacob F. Klinkhamer dan Bj. Queendag dengan masa pembangunan mulai tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907.

Masyarakat setempat menyebutnya Lawang Sewu karena bangunan tersebut memiliki pintu yang sangat banyak, meskipun kenyataannya, jumlah pintunya tidak mencapai seribu. Bangunan ini memiliki banyak jendela yang tinggi dan lebar, sehingga masyarakat sering menganggapnya sebagai pintu (lawang).

Diluar kemegahannya, ternyata banyak cerita-cerita seram yang ada ditempat ini. Cerita seram Lawang Sewu pun tak cuma popular di wilayah Semarang ataupun masyarakat Indonesia saja, namun wisatawan mancanegarapun mengakui nuansa kemistisan dari tempat tersebut.

Hal ini dibuktikan pula dari berbagai situs-situs luar negeri yang kerap memasukan Lawang Sewu sebagai salah satu bangunan paling angker yang ada di dunia. Konon, setiap wilayah di gedung Lawang Sewu dihuni oleh bernagai macam makhluk halus seperti Kuntilanak, Genderuwo, Arwah Tentara, hingga Noni-noni Belanda.

Salah satu ruangan yang dikenal paling angker adalah sebuah lorong yang berada di bawah gedung. Di masa pemerintahan Belanda, lorong bawah tanah itu difungsikan sebagai aliran air yang dapat menyejukkan suasana Lawang Sewu. Namun, saat Jepang menduduki wilayah Indonesia, lorong tersebut diungsikan sebagai penjara.

Lorong tahanan sekaligus menjadi tempat penyiksaan alami, karena hanya memiliki tinggi 0,5 meter, para tahanan hanya bisa jongkok sambil menahan dingin dari air yang mengalir. Akhirnya banyak tahanan yang tewas akibat tak kuat menahan penderitaan selama dalam penjara jongkok.

Dihalaman gedung ini pula ada sebuah sumur tua yang kerap terdengar suara teriakan dan jeritan kesakitan dari dalam dalamnya, lalu menurut pengakuan dari pengunjung pula ada yang pernah melihat tangan hitam raksasa, pocong, dan banyak lagi.

Poveglia, Italia

Poveglia (Dok.Google).

Poveglia merupakan sebuah pulau kecil yang terletak antara Venesia dan Lido di Laguna Venesia, Italia utara. Dalam sejarahnya pulau tersebut pertama kali dihuni pada tahun 421 oleh kaum Padua dan Este yang melarikan diri ke pulau ini untuk menghindari invasi barbar.

Banyak peristiwa yang melatarbelakangi tempat ini sehinga akhirnya menjadi kawasan yang dianggap angker. Pada tahun 1793, ada kasus wabah penyakit mematikan yang menyerang Italia, sehingga pemerintah setempat mengeluarkan peraturan resmi, menjadikan Poveglia sebagai tempat pembuangan mayat, ataupun karantina bagi penduduk yang terjangkit akan diasingkan di pulau tak berpenghuni tersebut sampai mati.

Pada tahun 1922, bangunan yang ada di pulau ini diubah menjadi rumah sakit jiwa yang kononnya dikelola oleh seorang dokter gila karena melakukan eksperimen mengerikan kepada pasiennya. Fungsi pulau Poveglia sebagai tempat bagi perawatan sakit mental berlangsung hingga 1968 dan kemudian ditutup. Selanjutnya pulau ini kosong tanpa penghuni dan ditutup untuk para wisatawan serta penduduk lokal di sekitar Povegila.

Dari sejarah kelam tersebut menjadikan Poveglia menjadi pulau yang sarat unsur mistisnya, berhubung pula banyak penduduk yang mengaku mengalami pengalaman mengerikan seperti mendengar suara rintihan dan jeritan saat berkunjung kesana.

BACA:   Aneka Olahan Makanan Dari Daging Sapi Rumahan

The Ancient Ram Inn, Inggris

Ancient Ram Inn (Dok. Google).

Ancient Ram Inn adalah sebuah penginapan dan pub yang terletak di Wotton-Under-Edge, distrik Stroud,  Gloucestershire, yang dinobatkan sebagai salah satu hotel paling berhantu di Inggris. Dibangun tahun 1145, mulanya bangunan ini dipergunakan sebagai tempat tinggal para budak dan pekerja pembangunan St. Mary Church. pada tahun 1968, penginapan ini dibeli oleh John Humphries.

Walaupun dikenal sangat angker, tidak sedikit pengunjung yang bernyali sengaja ingin menginap di Ancient Ram Inn tersebut. Alhasil, tak jarang pemandangan tamu yang melompat keluar jendela karena ketakutan sudah menjadi hal biasa disini.

Penampakan yang terkenal di penginapan tersebut antara lain seperti hantu pendeta, setan Incubus (makhluk gaib yang suka berhubungan seks), suara jeritan anak-anak, sampai furniture yang melayang-layang.

Konon, dahulu pada tahun 1500an, ditempat ini pernah terjadi eksekusi seorang penyihir dengan cara dibakar, dan penduduk sekitar percaya bahwa roh penyihir itu masih tinggal disana. Selain itu, Ancient Ram Inn juga menurut kabarnya pernah menjadi lokasi ritual satanisme.

Salem, Massachusetts, Amerika

The Witch House (Dok. Google).

Amerika memiliki sejarah kelam, salah satunya berada di Kota pesisir yang terletak di Essex County, Massachusetts yaitu kota Salem. Kota ini dikenal sebagai lokasi terjadinya pengadilan penyihir terbesar di amerika serikat, atau disebut The Salem Witch Trials.

Di kota yang berdiri pada tahun 1629 inilah tercatat adanya peristiwa 19 orang mati digantung, 1 orang dibunuh dengan cara ditindih batu, dan 7 orang mati disiksa di penjara, hanya karena beberapa gadis belia menuduh mereka penyihir tanpa bukti yang konkrit.

Pada tahun 1641, sebagai bagian dari koloni Inggris, hukum Inggris juga diterapkan di kota itu. Salah satu hukumnya adalah, bahwa segala sesuatu yang berhubungan dengan praktek sihir merupakan pelanggaran berat.

Di bulan Mei 1692, akibat adanya wabah penyakit yang ditenggarai akibat dari praktik sihir, seluruh kota memanas dan akhirnya digelarlah pengadilan terbuka di kota tersebut dengan agenda kasus sihir yang berkepanjangan.

Banyak penduduk kota yang dihukum, bahkan dikatakan lebih dari 150 orang dihukum sesuai dengan hukuman bagi para penyihir seperti dipenjarakan, digantung, bahkan dibakar hidup-hidup. Namun, pada tahun 1697 pengadilan kota mengakui kesalahan dan kekejaman mereka karena telah memenjarakan dan menghukum mati banyak orang tanpa bukti yang jelas.

Untuk mengenang peristiwa tersebut pemerintah setempat mendirikan The Salem Witch Museum, untuk mengenang peristiwa sihir paling top di dunia, The Salem Witch Trials, yang terjadi pada tahun 1692 itu. Kota Salem juga resmi ditetapkan sebagai kota sihir oleh Michael Dukakis, gubernur Massachusetts pada masa itu.

Melalui serentetan peristiwa bersejarah itu akhirnya sampai sekarang para wisatawan banyak yang tertarik berkunjung kesana terutama pada perayaan Halloween. Di sana juga masih terdapat sebuah rumah milik Hakim Jonathan Corwin, salah satu hakim dalam peristiwa The Salem Witch Trials  yang dinamakan The Witch House.

Selama bulan Oktober, kota Salem juga merayakan acara besar-besaran menyambut Halloween seperti adanya festival paranormal, tour mistis, Haunted Happenings, Pesta Dansa Penyihir dan banyak lagi.

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar