Atraksi Barongsai Dance “DDU-DU-DDU-DU” Di Chandra Superstore Tanjung Karang

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGWAWAI.COM – Atraksi Barongsai dan Wushu hibur masyarakat Bandarlampung dalam Perayaan Tahun Baru China 2570/Imlek 2019 yang digelar oleh Chandra Superstore Tanjung Karang, Jl. Haywam Wuruk, Bandarlampung, Selasa (05/02/19).

Sekitar pukul 11.00WIB, warga sudah mulai memadati areal parkir Chandra Tanjung Karang untuk bersiap menikmati pertunjukan yang rutin digelar setiap tahun nya oleh pihak Chandra Tanjung Karang. Tidak berapa lama kemudian, acara dimulai dengan pertunjukan seni beladiri dari Sasana Wushu Saburai Bandarlampung.

Pertunjukan beladiri asal Tiongkok ini dibawakan oleh belasan atlet baik kategori cilik sampai remaja secara bergantian. Gerakan-gerakan yang lincah mereka diatas panggung tersebut dibawakan dengan berbagai gaya/jurus secara perorangan, berpasangan, maupun secara kelompok baik dipamerkan dengan tangan kosong maupun dengan senjata seperti tombak dan pedang.

Atraksi Wushu

Setelah Wushu turun panggung, akhirnya pertunjukan Barongsai yang berasal dari Perkumpulan Barongsai Suaka Insan Mandiri (PBSIM) Lampung ini unjuk kebolehan dengan melakukan berbagai atraksi melalui Enam Barongsainya mengikuti suara tetabuhan music yang berasal dari Tambur, Gong dan Simbal.

BACA:   Hore, Atlet dan Pelatih Peraih Medali Sudah Terima Bonus

Barongsai dari PBSIM Lampung tersebut memperlihatkan gerakan-gerakan yang indah mulai dari Singa tidur, menari lincah, kuda-kuda, serta lenggokan kepalanya yang khas, berhubung PBSIM sendiri merupakan perkumpulan seni Barongsai yang menganut aliran Singa Selatan yang mementingkan unsure seni keindahan dalam setiap tekniknya.

Tidak hanya melakukan atraksi dengan ketukan irama yang berasal dari alat music tradisional khasnya tersebut, Perkumpulan yang sudah ada sejak ratusan tahun (sejak 1905an) ini pun, berhasil menghibur masyarakat dengan sisipan unsur music modern dengan melakukan gerakan dance.

Atraksi Barongsai.

Salah satu teknik gerakan Barongsai tersebut dipadukan dengan music Kpop dari Blackpink berjudul “ DDU-DU-DDU-DU”  sehingga membuat penonton semakin senang dan memberikan applause setiap para Barongsai tersebut melakukan gerakan-gerakan yang memukau.

Penanggung Jawab atraksi Barongsai Chandra Tanjung Karang, Resta Oktario Wardani mengatakan, gelaran yang diadakan tersebut  selain untuk memperingati tahun baru Imlek 2019 juga untuk memberikan hiburan kepada masyarakat sekaligus mengedukasi terhadap ragam budaya yang ada di Lampung dalam hal ini seni pertunjukan Barongsai dan Wushu.

BACA:   Timnas U-22 Juara, Walikota Bandar Lampung: Prediksi Saya Tepat

“Ada perbedaan dalam gelaran atraksi Barongsai ditahun ini,yaitu tidak memakai tonggak dan digelar dihalaman depan Chandra Superstore yang ditahun sebelumnya selalu digelar di halaman belakang. Untuk atraksi Barongsai yang memakai tonggak itu nanti bakal digelar di Mall Boemi Kedaton tanggal 10 Februari nanti,”ujar Resta.

Komentar