7.275 Pelajar SMK di Bandarlampung Tempuh UNBK

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGWAWAI.COM – Sebanyak 7.275 Pelajar Siswa Menengah Kejuruan (SMK) di Bandarlampung menempuh Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Wakil Kepala SMK Negeri 4 Bandarlampung bidang Humas, Yornedi mengatakan, terdapat 1.060 Siswa SMK Negeri 4 Bandarlampung mengikuti UNBK yang terbagi dalam 3 sesi. Sesi pertama dimulai jam 7.30-09.30, sesi kedua jam 10.00-12.00, terakhir sesi ketiga jam 13.30 – 15.30.

Kegiatan UNBK ini berlangsung dengan lancar, tentram dan tertutup.”Pelaksaan UNBK kali ini tertutup untuk peliputan, dari tahun silam kita sudah menerapkannya. Demi untuk ketentraman para peserta.” terangnya, Senin (25/03/19).

Ia juga mengatakan, kalau pihak sekolah telah menyediakan 10 lab komputer beserta genset demi antisipasi jika terjadi pemadaman listrik. “Alhamdulillah sejauh ini berlangsung lancar jaya. Dengan 10 lab komputer, kita juga sediakan genset berkapisitas 60 Va untuk kegiatan UNBK ini.” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Bandarlampung, Edy Hardjito mengatakan, UNBK yang mulai dilaksanakan pada Senin hingga Kamis (28/03/19) itu diikuti oleh sebanyak 62 SMK negeri dan swasta.

BACA:   Belum Sempat Transaksi, Pengedar Sabu Sudah Diciduk Polsek Negara Batin

“Sebangak 7.275 siswa yang berasal dari 62 SMK di Bandarlampung. Rinciannya, 10 SMK Negeri dan 52 SMK swasta,” kata dia.

Edy mengungkapkan, Dari total 62 SMK, 11 sekolah di antaranya mengadakan UNBK dengan bergabung ke sekolah lain dengan fasilitas yang memadai, salah satunya SMK YP 57 Bandar Lampung. “Dari SMK ini, sebanyak 11 pelajar akan mengikuti UNBK di SMK Negeri 1 Bandar Lampung.” ujarnya.

Terdapat delapan peserta dari SMK Bhineka yang akan bergabung ke SMK Muhammadiyah 1. Lalu, 31 peserta UNBK dari SMK Taman Karya, Telukbetung, yang akan bergabung ke SMK Taman Siswa. Berdasarkan hasil pengecekan tim, Edy memastikan SMK-SMK yang menampung siswa-siswi dari SMK lain itu sudah siap menggelar UNBK.

“Kami sudah mengecek ke sekolah-sekolah itu. Semuanya aman. Listrik sampai jaringan internet, sudah aman,” ujarnya.

Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung, Teguh Irianto menjelaskan, agenda UNBK berlangsung dengan bertahap, mulai dari jenjang SMK, selanjutnya SMA, dan SMP.

BACA:   Fauzi Lepas Ratusan Warga Pringsewu Barat Ikut Jalan Sehat

“Peserta yang mengikuti UNBK SMK baik negeri maupun swasta di Lampung tahun ini, dari data disdikbud, ada 43.043 orang dari total 459 SMK. Kami terus berupaya agar seluruh sekolah bisa menerapkan UNBK. Ini sudah jadi target dari pemerintah.” imbuhnya

Laporan Berita Reporter LampungWawai.com, Yusuf Andoko

Komentar