Bandar Lampung Termasuk Rawan Gempa, Ini Data Kota yang Diprediksi Aman Dari Gempa dan Tsunami

JAKARTA, LAMPUNGWAWAI.COM- Selain kota yang sering terancam gempa, ada pula kota-kota di Indonesia yang relatif aman dari gempa. Aman ini bukan berarti tidak pernah merasakan gempa. Tapi pusat gempa cukup jauh dari kota-kota ini, jadi secara logika dan mitigasi bencana, kota ini relatif aman dari bencana gempa dan tsunami.

Dilansir dari Hipwee 3 Oktober 2018 berikut ini 8 kota yang relatif aman dari gempa dan tsunami ini.

1. Pekanbaru

Dari semua kota besar di Sumatra, sebagian besar jadi kota yang rawan terdampak bencana gempa bumi dan tsunami. Mulai dari Banda Aceh, Padang, Bengkulu, dan juga Bandar Lampung. Potensi bencana itu tidak berlaku untuk Pekanbaru karena letaknya di timur Sumatra. Kalau kebakaran hutan sih tiap tahun ya.

2. Batam

Secara geografis, Batam masuk di Kepulauan Riau di mana letaknya sangat dekat dengan Singapura. Di kawasan ini jarang terjadi gempa bumi karena tidak ada pertemuan lempeng bumi di sana. Ancaman gempa bumi besar dan gelombang tsunami pun kecil kemungkinan mengenai Batam dan sekitarnya.

BACA:   Singgung Film Game of Thrones, Pidato Jokowi Dipuji Tokoh Dunia

3. Pontianak

Kalimantan dikenal sebagai pulau di Indonesia yang paling aman dari gempa? Eits, kita perlu cek data gempa di Kalimantan dulu. Secara geografis, pulau ini memang jauh dari pertemuan lempeng Eurasia dan Indo-Australia. Jadi secara umum Kota Pontianak bisa dikatakan cukup aman. Namun jangan senang dulu. Di Kalimantan Barat pernah terjadi gempa 4 SR di Singkawang pada tahun 2011 lalu. Itu adalah kejadian yang hampir tidak pernah dialami oleh warga Kalimantan Barat.

4. Belitung.

Belitung dikenal sebagai tempat wisatanya yang eksotis. Nilai plus lainnya adalah bahwa pulau ini juga aman dari bencana gempa bumi dan tsunami. Wah menarik nih kayanya kalau tinggal di pulau Laskar Pelangi ini.

5. Banjarmasin

Kalimantan Selatan juga relatif aman meski beberapa kali pernah terjadi gempa kecil di sana. Tapi itu sangat jarang terjadi. Seperti kota lainnya di Kalimantan, Banjarmasin cukup aman dari bencana gempa bumi maupun tsunami. Berbeda dengan Kalimantan Timur dan Utara (Tarakan), ada potensi gempa maupun tsunami yang bisa datang ke sana. Meskipun kemungkinannya juga tidak terlalu besar.

BACA:   Waduh, Empat Partai Diprediksi nggak Lolos Senayan

6. Palangkaraya

Bukan tanpa alasan Ir Soekarno pernah berujar bahwa ibukota akan dipindah ke Palangkaraya. Kota yang berada di jantung Borneo ini memang sangat strategis karena berada di tengah Indonesia dan bebas dari ancaman gempa bumi besar dan tsunami. Tidak ada gunung berapi juga di sana. Dari letaknya saja, Palangkaraya sangat cocok jadi ibukota Republik Indonesia selanjutnya.

7. Merauke

Kota yang berada di ujung timur Indonesia ini jarang sekali merasakan gempa. Gempa yang terasa pun hanya skala kecil dan berpusat di sekitar Papua tengah ataupun Papua bagian utara. Kawasan Merauke dan sekitarnya bisa dikatakan cukup anomali mengingat kawasan Timur Indonesia adalah zona yang jadi langganan gempa bumi.

8. Makassar

Ahli gempa Universitas Hasanuddin, Dr Ardy Arsyad menyebutkan jika Kota Makassar dan sekitarnya relatif aman dari gempa. Menurut Ardy, Kota Makassar berada jauh dari patahan aktif seperti sesar Palu Koro dan sesar normal Majene. Hal ini sekaligus menepis berita hoax yang mengatakan gempa akan terjadi di Sulawesi Selatan terutama di Makassar. Kalaupun pernah ada gempa, itupun gempa yang kecil magnitudonya karena jauh dari sesar aktif. (*)

Komentar

leave a reply