City Pesta Gol, Hajar Burton 9-0

MANCHESTER, LAMPUNGWAWAI.COM – Tinggal selangkah lagi Manchester City meraih tiket final Piala Liga Inggris. Sukses ini didapat setelah mampu mengalahkan Burton Albion di leg pertama. City pesta gol 9-0.

Dalam pertandingan di Etihad Stadium, seperti dilansir detikcom, Kamis (10/1/2019) dini hari WIB, City sudah unggul empat gol pada babak pertama. Di paruh kedua, tuan rumah menambah lima gol ke gawang tim League One itu.

City sudah membuka keunggulan saat pertandingan berjalan lima menit. David Silva melepaskan umpans silang dari sisi kiri yang dituntaskan dengan sempurna oleh Kevin De Bruyne dengan sundulan.

Burton sempat punya peluang emas untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-12. Bola operan Lucas Akins dari sisi kiri jatuh ke kaki Marcus Harness yang berdiri bebas di tiang jauh. Namun tendangan Harness justru melambung di atas mistar gawang.

City kemudian menggandakan keunggulan pada menit ke-30. Usai bekerja sama dengan Ilkay Guendogan, Leroy Sane melepaskan tembakan yang memaksa Bradley Collins melakukan penyelamatan. Bola muntah kemudian ditanduk ke dalam gawang oleh Gabriel Jesus.

BACA:   Sugiarto Tambah Emas Indonesia di Asian Games 2018

Hanya empat menit berselang, City menambah gol. Guendogan lagi-lagi menjadi aktor di balik gol City. Umpan lambungnya melewati perrtahanan Burton dan jatuh ke kaki David Silva. Silva kemudian mengoper kepada Jesus yang menuntaskannya jadi gol.

VAR sempat digunakan untuk mengecek apakah Jesus offside ketika operan pertama dibuat. Namun rekaman video menunjukkan Jesus dalam posisi aman.

Gol keempat City tercipta pada menit ke-37. Menerima bola dari Sane, Oleksandr Zinchenko yang berdiri di luar kotak penalti seperti akan melepaskan umpan silang. Namun tendangannya itu justru langsung meluncur masuk ke gawang Burton.

Unggul empat gol tak membuat City mengendur pada babak kedua. Tuan rumah tetap tancap gas sejak awal.

Keunggulan City bertambah di menit ke-57. Silva bekerja sama dengan Riyad Mahrez dan mengakhiri dengan umpan silang. Bola dari Silva itu ditanduk dengan keras oleh Jesus untuk mengubah skor menjadi 5-0.

City menciptakan gol keenam pada menit ke-63. Jesus melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti usai menerima bola dari Guendogan. Bola ditepis oleh Collins, tapi Phil Foden langsung menyambar bola muntah untuk mencetak gol.

BACA:   Suporter Timnas U-16 Pingsan Antri Tiket

Jesus mencetak gol keempatnya pada laga ini di menit ke-66 untuk mengubah skor menjadi 7-0. Kali ini ia menyelesaikan umpan mendatar dari Sane.

Empat menit kemudian, City kembali menambah gol. Kyle Walker ikut mencatatkan namanya di papan skor setelah menjebol gawang Burton dengan menyelesaikan bola operan dari Mahrez.

Mahrez menutup pesta gol City di menit ke-83. Ia melepaskan tembakan ke pojok bawah gawang Burton untuk mengubah skor menjadi 9-0.

City akan gantian melawat ke markas Burton di Pirelli Stadium di pertandingan leg kedua pada 23 Januari.(*)

Susunan Pemain

Manchester City: Aro Muric; Kyle Walker (Danilo 74′), Nicolas Otamendi, Eric Garcia, Oleksandr Zinchenko; Kevin De Bruyne (Foden 58′), Ilkay Gundogan, David Silva; Riyad Mahrez, Gabriel Jesus, Leroy Sane (Bernardo Silva 66′)

Burton Albion: Bradley Collins; John Brayford, Ben Turner, Jake Buxton, Reece Hutchinson, Kieran Wallace; Lukas Akins, Jamie Allen (Fox 68′), Scott Fraser (Sbarra 79′), Marcus Harness; Liam Boyce (Templeton 68′)

Komentar