Disambut Puluhan Ribu Masyarakat Lampung, Jokowi: Jangan Terpancing Berita Hoax

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGWAWAI.COM – Puluhan ribu masyarakat Lampung tumpah ruah di Lapangan Pusat Kebudayaan dan Olahraga (PKOR) Way Halim, menyambut Calon Presiden Republik Indonesia 2019 nomor urut 01, Ir. H. Joko Widodo dalam acara Deklarasi Dukungan Alumni Perguruan Tinggi dan SMA Lampung Bersatu, Jumat (08/03/19).

Dalam gelaran bertajuk “Jokowi Sekelik Lampung” itu, Jokowi bersama sang isteri, Hj. Iriana Joko Widodo yang mengenakan kemeja putih dan bawahan hitam tersebut, ketika datang langsung disambut oleh marching band dan kesenian tradisional Jawa, Barongan mulai gerbang masuk sampai menuju arah panggung utama.

Tak lupa sorak-sorai dari puluhan ribu masyarakat yang dikomandoi oleh bintang tamu Cak Lontong dan Akbar tersebut membuat suasana semakin meriah sampai-sampai jalan utama orang nomor satu RI menuju panggung itu disesaki oleh banyak orang yang ingin melihat dan menyapa Jokowi dari dekat.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi mengeluarkan kalimat pembuka dengan mengucap selamat sore “Tabik Pun” kepada masyarakat Lampung, dan mengatakan bahwa Lampung merupakan provinsi yang multi etnis. “Lampung ini merupakan provinsi yang multi etnis, hampir semua suku (ada) tinggal disini. Ada Lampung, Jawa, Palembang, Bali dan banyak lagi. Maka dari itu khususnya masyarakat Lampung harus tetap mnjada kerukunan yang ada,”ujarnya.

BACA:   Mendagri Ancam Setop Gaji Dewan Pindah Partai

Selain itu, Jokowi juga menyinggung mengenai berita-berita hoax yang kerap ditujukan kepadanya dengan mengajak masyarakat agar dapat memilah mana yang fakta dan mana pula berita yang bohong (hoax).

“Banyak sekali kabar berita hoax yang dituduhkan kepada saya seperti akan melegalkan LGBT atau pelarangan Adzan.ini kan tidak masuk dilogika berhubung Negara kita  memiliki norma agama yang sudah baik. Jadi lebih baik saringlah dengan baik mana berita yang tidak masuk diakal dan berita atau kabar yang fakta, harus kita lawan semua Hoax yang ada,”paparnya.

Dihadapan puluhan ribu masyarakat dari berbagai elemen yang hadir, Jokowi juga menjanjikan akan mengeluarkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang diperuntukan bagi siswa siswi yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang kuliah, dan Kartu Pra Kerja sebagai kemudahan mencari pekerjaan bagi lulusan SMA/SMK/Perguruan Tinggi.

“KIP Kuliah ini akan kita berikan kepada anak-anak muda kita yang ingin kuliah baik yang berprestasi maupun yang tidak berprestasi tetapi memiliki keinginan yang kuat dalam hal pendidikannya. Ini akan kita keluarkan di tahun depan. Sedangkan Kartu Pra Kerja manfaatnya untuk mengupgrade skill, termasuk ada insentif honor didalamnya,”ujar Jokowi.

BACA:   Balafans Gandeng Lampung Wawai, Pakai Salam Baru untuk Prestasi Sepak Bola Lampung

Sebagai pernyataan penutup dalam acara tersebut, Jokowi bersama program-programnya baik yang telah diberikan maupun yang akan di lakukan, semata-mata untuk menjawab suara dari bawah (rakyat) ketika dirinya kerap melakukan blusukan melalui kampung dan desa-desa.

Sebelumnya, pada Jumat pagi (08/03/19), Presiden RI Jokowi meresmikan jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar di Gerbang Tol Natar, Lampung Selatan yang memiliki panjang 143 kilometer. Dalam hal tersebut, Jokowi mengatakan bahwa JTTS Bakauheni-Terbanggi Besar merupakan jalan tol terpanjang yang pernah diresmikannya. Bahkan, ia juga mengatakan kalau beberapa bulan kedepan pihaknya akan memperpanjang ruas jalan tol tersebut sampai ke Palembang.

“Jalan Tol Trans Sumatera Bakauheni-Terbanggi Besar ini merupakan jalan tol terpanjang yang pernah saya resmikan. Nanti, pada bulan Juni kedepan kita akan mersemikan kembali jalan tol sampai ke Palembang. Bahkan jalan tol ini akan disambung sampai Aceh pada tahun 2024,”ujarnya.

Kemudian pula dihari yang sama, Jokowi telah meresmikan Terminal Bandara Radin Inten II menjadi bandara Internasional yang diharapkan kedepannya dapat menambah luas perekonomian dilampung terutama disektor pariwisata, serta memberikan lapangan pekerjaan yang sebanyak-banyaknya kepada masyarakat.

BACA:   Lampung Masuk 3 Besar Progres BSPS Nasional

 

 

Komentar