Gubernur Lampung Minta Dinas Perdagangan Orientasikan Program untuk Kesejahteraan Masyarakat

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGWAWAI.COM – Gubernur Lampung yang diwakili Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Taufik Hidayat mengingatkan kepada jajaran Dinas Perdagangan Provinsi Lampung untuk menyelaraskan program pembangunan daerah dengan mengedepankan money follow program.

Pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Perdagangan 2019, yang diselenggarakan di Hotel Horison, Senin (4/3/2019) tersebut, ia juga mengatakan, agar dinas terkait bisa  mendorong tercapainya keserasian, efektifitas dan efisiensi pemanfaatan sumber pendanaan pembangunan daerah yang lebih berorientasi pada kesejahteraan masyarakat.

“Saat ini kita memasuki dinamika pembangunan yang cukup kompleks sebagai dampak dari globalisasi, serta masuknya Indonesia ke dalam era perdagangan bebas. Permasalahan pembangunan saat ini juga semakin rumit. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Provinsi Lampung untuk lebih berpacu menjadi lebih maju dalam meningkatkan kinerja pembangunan untuk dapat mendongkrak pembangunan melalui pengembangan perekonomian daerah, membangun sektor-sektor unggul, serta mengoptimalkan sumber daya lokal secara lebih optimal,” ujar Taufik.

Berkaitan dengan konsep money follow program tersebut, Pemprov berharap Dinas Perdagangan Provinsi Lampung lebih intensif berkoordinasi dengan OPD perdagangan kabupaten/kota. Tujuannya, membangun perencanaan lebih baik dan saling bersinergis, saling berkaitan, memiliki daya ungkit, dan memiliki indikator yang jelas serta terukur.

BACA:   Jadi Tuan Rumah Karang Taruna Tingkat Nasional, Pemkab Pesawaran Siap Kerahkan Massa dan Maksimalkan Potensi Wisata

Taufik juga mengatakan, kegiatan pembangunan yang dilaksanakan saat ini tidak hanya diampu satu sektor. Misalnya sektor perdagangan saja, melainkan perlu membuka pemahaman bahwa pembangunan perlu memberikan peran dan keterlibatan sektor lain khususnya untuk program dan kegiatan yang menjadi prioritas.

“Sehingga saya meminta kepada para Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung untuk saling berkoordinasi, saling berdiskusi, saling sharing pendapat, serta dapat memilah kegiatan mana saja yang membutuhkan bantuan dan keterlibatan sektor atau dari OPD,”ucapnya.

Komentar