Ini Penyebab Orang Ngantuk Usai Sarapan

 

JAKARTA, LAMPUNGWAWAI.COM – Anda sering merasakan mengantuk usai sarapan?
Jangan khawatir. Kondisi ini adalah hal wajar. Sekalipun Anda malam hari sudah memenuhi waktu tidur.

Makanan yang dimakan memang bisa jadi sumber energi tapi usai makan biasanya orang malah merasa lelah dan lemas. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena memang siklus tubuh normal mengalami hal ini.

Beberapa waktu usai menyantap makanan sarapan, makanan akan diproses melalui sistem pencernaan. Selama sistem pencernaan bekerja, ada berbagai respon yang terjadi pada tubuh, salah satunya memicu rasa kantuk.

Makanan yang paling memberi efek kantuk adalah sumber karbohidrat, oleh karenanya para pakar diet menyarankan untuk mengurangi konsumsi karbo di pagi hari. Selain mengurangi asupan karbo, membatasi porsi sarapan juga bisa jadi solusi mengurangi kantuk di pagi hari.

Pilih juga makanan dengan nutrisi seimbang serta banyak konsumsi air putih. Pilihan menu yang paling ideal yakni sayuran, gandum dan sumber protein karena makanan ini mampu membuat kenyang namun sedikit menyebabkan kantuk.

BACA:   Pake Teknik ini, Dijamin Manjur Rayu Wanita

Rasa kantuk usai makan memang kejadian yang normal namun jika rasa kantuk berlebihan maka disarankan untuk menghubungi dokter. Pasalnya kantuk berlebihan usai makan cenderung dikaitkan dengan masalah kesehatan seperti diabetes, anemia, tiroid hingga sleep apnea.

Jika kantuk usai sarapan terasa sangat mengganggu, solusi lainnya yakni tidak menyantap menu sarapan. Pilihan ini sangat tidak dianjurkan karena sekecil apapun porsi makan, harusnya tetap menyantapnya.

Berikut ada 7 tips agar Anda terhidar ngantuk usai sarapan, seperti dilansir detikcom:

1. Lakukan jalan ringan

Usai menyantap makan siang, jangan langsung duduk di kursi kerja. Lakukan aktifitas ringan seperti berjalan atau menaiki tangga. Hal ini membantu meningkatkan kadar oksigen dalam darah dan meningkatkan energi.

2. Mengunyah permen karet
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Physsiology and Behaviour, permen karet berperan mengurangi kelelahan dan menambah tingkat kewaspadaan. Kunyah permen karet setidaknya selama 5 menit untuk perasaan yang lebih berenergi.

3. Minum banyak air putih
Dehidrasi bisa menyebabkan kelelahan, mood jelek dan sulit berkonsentrasi. Pastikan Anda cukup minum air sepanjang hari.

BACA:   Jangan Sembarang Konsumsi Madu, Ada Aturannya Loh!

4. Makan makanan sehat
Nutrisi dalam makanan dicerna dengan cepat dalam tubuh sehingga mempengaruhi gula darah. Hal ini mempengaruhi fisik dalam beraktifitas. Pilih menu makanan sehat untuk makan siang. Anda bisa memilih sayuran hijau, protein tanpa lemak seperti daging non fat, ikan dan telur serta konsumsi biji-bijian dan kacang polong.

5. Makan sesuai porsi
Kekenyangan bisa memberikan efek lesu dan lemas. Belum lagi perut yang terlalu penuh bisa menyebabkan kembung dan rasa tidak nyaman. Agar tidak merasa terlalu kenyang, kenali porsi makan Anda dan makan secukupnya.

6. Hindari gula dan lemak
Gula memang bisa memberikan energi instan dalam tubuh tetapi efeknya tidak bertahan lama lalu kemudian membuat Anda merasa lelah. Jadi jangan makan makanan manis terlalu banyak saat makan siang.

7. Catat konsumsi makanan
Lacak dan catat makanan apa saja yang membuat Anda merasa ngantuk usai makan siang. Dengan cara ini Anda bisa menghindari jenis makanan yang mengundang kantuk. Ini bisa jadi salah satu solusi agar Anda tetap bugar dan produktif usai makan siang.(*)

Komentar