Monev di Pemkab Lamsel, Ombudsman Lampung: Kedepannya Harus Selangkah Lebih Maju

KALIANDA, LAMPUNGWAWAI.COM – Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung kembali melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap pelayanan di Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (11/04/19). Monev tersebut dilakukan di dua instansi yang mendapat nilai terendah dari hasil Penilaian Kepatuhan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan terhadap Penyelenggaraan Standar Pelayanan Publik yang dilaksanakan Ombudsman Lampung di Tahun 2018.

Kepala Ombudsman Lampung, Nur Rakhman Yusuf menyampaikan agar Pemkab Lampung Selatan harus selangkah lebih maju lagi.

“Hasil penilaian Pemkab Lamsel tahun 2018 sudah hijau. Namun kita tahu, bahwa penilaian tersebut melihat keberadaan standar pelayanan. Maka kali ini, waktunya Pemkab Lamsel selangkah lebih maju dan fokus pada impelementasi standar pelayanan tersebut di lapangan. Misal, jika pelayanannya gratis maka harus dilaksanakan gratis. Jika prosedurnya sudah diatur dalam standar pelayanan, maka pelaksanaannya sesuai standar pelayanan tersebut. Sehingga standar pelayanan tidak hanya menjadi sesuatu yang terpampang,” ujarnya.

Nur Rakhman juga mengatakan, ketika sudah meraih zona hijau, jangan lagi masih ada laporan dari masyarakat atas standar pelayanan yang tidak dilaksanakan. Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa penyelenggaraan standar pelayanan publik harus mencakup seluruh produk pelayanan yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah, baik itu pelayanan administrasi, barang maupun jasa. Untuk itu pihaknya menyampaikan pentingnya sinkronisasi pasca diberlakukannya Online Single Submission (OSS) untuk hampir seluruh pelayanan perizinan di Pemkab Lamsel.

BACA:   Gaylam, Tempat Kumpul dan Beradu Kreatifitas Gay, Waria, dan LSL di Lampung

Sementara itu, Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto telah menyampaikan kesiapan untuk terus berbenah terhadap standar pelayanan masyarakat di wilayahnya. “Selama itu untuk perbaikan, untuk pelayanan, kami siap melaksanakan,” ucapnya.

Monev ini dilaksakanan atas prakarsa Pemkab Lamsel, karena itu Nur Rakhman berharap bahwa perbaikan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik secara bertahap dapat selalu  dilakukan di Pemkab Lampung Selatan. (Rilis Ombudsman Lampung)

 

Komentar