Prospek Cuaca Satu Minggu ke Depan Wilayah Lampung

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGWAWAI.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan Prospek Cuaca Mingguan di wilayah Lampung yang berpotensi terjadi hujan ringan sampai lebat yang disertai petir dan angin kencang yang berlaku mulai tanggal 11 sampai 17 Maret 2019.

berdasarkan rilis tim Forescaster On Duty Stamet Radin Inten II Branti Lampung, Pola angin di wilayah Indonesia umumnya bertiup dari arah Barat Daya – Barat untuk wilayah sebagian besar wilayah Lampung. Rh di lapisan 850 s.d 700 hPa cukup signifikan untuk menunjang terbentuknya awan hujan.

Terdapat daerah palung tekanan rendah yang memanjang dari samudera Hindia bagian selatan hingga Laut banda bagian selatan ( 1007 – 1008 Hpa) dan sirkulasi angin tertutup (Eddy) di sebelah barat Laut Sumatera sehingga memicu adanya konvergensi di Lampung bagian Barat hingga Lampung bagian Timur yang berpotensi menambah potensi pertumbuhan awan konvektif di wilayah tersebut.

Suhu muka laut umumnya berkisar antara 28,0°C – 32,0°C dengan anomali suhu muka laut (+0,0°C -+1,0°C) positif berada di Laut Perairan Lampung sebelah Barat dan Timur. Kelembaban udara terpantau tinggi pada lapisan 850 mb umumnya di Lampung bagian Barat, Tengah, Selatan, Timur dan Utara.

BACA:   Undang 9 Sekda, Ombudsman Akan Tindaklanjuti Meminta Komitmen Kepala Daerah

Berikut Prakiraan Cuaca dibeberapa wilayah Lampung yang berpotensi terjadi hujan berskala ringan sampai lebat yaitu di tanggal 11 Maret, Lampung Selatan, Pesawaran, Lampung Barat, Pesisir Barat, Way Kanan, Lampung Utara dan Lampung Tengah pada sore, malam dan dini hari, berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Ditanggal 12 Maret 2019, potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang diprakirakan terjadi di wilayah Lampung Selatan, Pesawaran, Tanggamus, Pringsewu, Lampung barat, Way Kanan, Lampung Utara,Tulang Bawang Barat, Lampung Tengah, Metro dan Pesibar pada pagi, sore, malam dan dini hari.

Tanggal 13 Maret, secara umum berpotensi hujan ringan sampai lebat pada waktu malam dan dini hari di wilayah Lampung Timur, Bandar Lampung, Lampung Tengah, Metro, dan Lampung Selatan. Lalu pada tanggal 14 Maret, potensi hujan diprakirakan terjadi di wilayah Lampung bagian Utara, Tengah, TimurLampung bagian Utara, Tengah, Timur dan Selatan pada siang/sore, malam dan dini hari.

Tanggal 15 Maret, potensi hujan berada di wilayah Lampung bagian Utara, Barat, Tengah, Selatan, Timur, Lampung bagian Barat dan Utara pada siang, malam dan dini hari. Dihari selanjutnya, tanggal 16 Maret, potensi hujan ada di wilayah Lampung bagian Barat, Utara, Timur dan Tengah pada siang/sore hari.

BACA:   450 Prajurit Dikirim ke Perbatasan

Dan di tanggal 17 Maret 2019, potensi hujan ada di wilayah Lampung bagian Barat, Utara, Tengah, Selatan dan Timur, Lampung bagian Utara di dominasi pada sore, malam dan dini hari.

 

 

 

Komentar