Tidur Tambah Berkualitas dengan Kaus Kaki

JAKARTA, LAMPUNGWAWAI.COM — Tidur berkualitas menjadi dambaan setiap orang. Sebab dengan kualitas tidur yang baik mampu menunjang kesehatan tubuh. Salah satu upaya untuk membuat tidur berkualitas adalah dengan menggunakan kaus kaki.

Memakai kaus kaki saat tidur memberikan banyak manfaat, mulai dari menghangatkan tubuh hingga mendapatkan seks yang berkualitas. Gunakan kaus kaki yang terbuat dari serat lembut alami seperti kasmir atau wol. Kaus kaki berbahan katun juga bisa dijadikan pilihan, tapi pastikan tidak terlalu ketat. Kaus kaki yang terlalu ketat justru dapat mengganggu peredaran darah. Pilih kaus kaki yang lembut dan nyaman.

Berikut manfaat mengenakan kaus kaki saat tidur di malam hari.

1. Menghangatkan tubuh
National Sleep Foundation menyebutkan, menjaga kaki tetap hangat dengan kaus kaki saat tidur dapat membuat tidur lebih nyenyak. Pasalnya, jika kaki dingin, pembuluh darah akan menyempit sehingga lebih sedikit darah yang bersirkulasi. Akibatnya, tubuh bakal gelisah.

Memakai kaus kaki di malam hari dapat membantu tubuh mengatur suhu internal. Penelitian bahkan menunjukkan orang dewasa yang mengenakan kaus kaki tertidur lebih cepat dan lebih baik.

BACA:   Ini Penyebab Orang Ngantuk Usai Sarapan

Alasannya, suhu tubuh internal seseorang turun pada malam hari dan mencapai suhu terendah pada pukul 4 pagi. Menjaga kaki tetap hangat akan memperlebar pembuluh darah dan menjaga suhu tubuh.

2. Memperlancar sirkulasi darah
Dikutip dari Boldsky, saat kaki dingin, sirkulasi darah memburuk di tungkai kaki yang menyebabkan pembengkakan di pembuluh darah dan menimbulkan nyeri kaki.

Memakai kaus kaki yang nyaman di malam hari dapat meningkatkan sirkulasi darah karena memberi kehangatan pada kaki yang berefek ke seluruh tubuh.

3. Mencegah hot flash
Hot flash merupakan kondisi tubuh yang mengalami kehangatan secara tiba-tiba, berkeringat, dan jantung berdebar. Kondisi ini biasanya terjadi pada perempuan yang tengah memasuki masa menopause.

Mengenakan kaus kaki di malam hari dapat mencegah hot flash karena kaus kaki membuat suhu tubuh tetap terjaga dan terhindar dari peningkatan suhu tubuh tiba-tiba.

4. Seks berkualitas
Penelitian dari University of Groningen, Belanda menunjukkan, pasangan yang memakai kaus kaki di malam hari dapat melakukan hubungan seks yang lebih baik. Mereka juga cenderung mengalami orgasme saat berhubungan intim.

BACA:   Di Lampung, Terdata 6.000 Orang dengan HIV/ AIDS

5. Mengurangi gejala penyakit Raynaud
Penyakit fenomena Raynaud merupakan kondisi ketika tubuh terasa kaku dan dingin saat keadaan tertentu. Salah satu gejala yang timbul adalah tangan dan kaki menjadi sangat dingin. Penyakit ini mempengaruhi pembuluh darah di kulit dan aliran darah berkurang sehingga menyebabkan tangan dan kaki mati rasa.

Memakai kaus kaki dapat mengurangi rasa dingin dan menjaga tubuh tetap hangat sehingga terhindar dari kaku dan mati rasa. (*)

Komentar