Tim Horsebow Lampung Raih Juara 2 dan 3 Turnamen Okcular Parameswara Se-Sumatera Selatan

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGWAWAI.COM – Tim Horsebow (Seni Panahan Tradisional) Lampung raih juara 2 dan 3 dalam gelaran Turnamen Panahan Horsebow Okcular Parameswara Se-Sumatera Selatan di Lapangan Panahan dan Berkuda Okmeydani, Jl. Pagar Dewa KM7 Palembang yang digelar pada Minggu, 27 Januari 2019 kemarin.

Catatan kemenangan ini diraih oleh Arafat Panji Sinum (Peringkat II) dan Irvan Ipay Oktavian (Peringkat III) di kelas panahan Horsebow 70 meter Putra, sedangkan pada peringkat I diraih oleh Suheri, tim Horsebow asal Aceh.

Peraih juara II Turnamen Panahan Horsebow Okcular Parameswara asal Lampung, Arafat Panji Sinum mengatakan bahwa awal jalannya pertandingan tersebut untuk kategori Putra mempertandingkan kelas 40 dan 70 meter, dan 30 dan 60 meter pada kategori wanita pada babak penyisihan. Untuk masing-masing indivindu yang lolos pada babak penyisihan berdasarkan point tertinggi, selanjutnya di babak final kembali berkompetisi di kategori jarak 70m (pria) dan 60m (wanita).

”Tim Horsebow dari Lampung kita berangkat dengan mengirim 13 orang pemanah. Di turnamen ini total pesertanya ada sebanyak 50 orang (tim pria) dan 20 orang (tim wanita) yang berasal dari beberapa provinsi yaitu Aceh, Palembang, Jakarta, dan Lampung. Dari babak penyisihan (tim pria), meloloskan 16 orang dengan point tertinggi (10 orang dari Lampung) termasuk saya sendiri dan mas Irvan,”ujar Sekjen Lampung Horsebow Club ini, Kamis (31/01/19).

BACA:   Sikat Timor Leste 3-0, Indonesia Raih Tiket Semifinal

Setelah babak 16 besar berjalan, lanjut Panji, kembali dilakukan babak 8 besar dengan meloloskan 5 orang tim Horsebow dari Lampung untuk maju kebabak perempat final yang kemudian menghasilkan 4 orang yang berhasil lolos untuk babak pamungkas (2 orang tim Horsebow Lampung, 1 orang tim Horsebow Aceh, dan 1 orang tim Horsebow Palembang).

“Dari pertandingan pamungkas inilah, Alhamdulillah kami tim Horsebow Lampung berhasil meraih juara 2 atas nama saya sendiri dan juara 3 nya mas Irvan,”papar Panji.

Suasana turnamen Panahan Horsebow Okcular Parameswara.

Dengan catatan raihan tersebut, tentunya, Panji bersama kawan-kawan se tim lainnya menghaturkan rasa bahagia walaupun kedepannya akan banyak sekali hal yang harus dibenahi dari sisi perlengkapan dan persiapan, berhubung dalam Horsebow tersebut tidaklah cukup dengan modal skill yang mumpuni, namun juga pentingnya kesiapan alat-alat yang prima.

“Karena Horsebow ini bermain dengan alat busur yang tradisional, dan juga saat ini Horsebow sudah tidak lagi bermain di jarak dekat melainkan kelas jarak jauh (40 dan 70 meter), bahkan ditahun ini kita akan naik grade lagi untuk latihan di jarak 70, 75, 95, bahkan sampai 105 meter,”tutur Panji.

BACA:   Gudang Barang Bekas di Bumi Waras Terbakar

Kedepannya, Panji mengharapkan akan banyak lagi masyarakat yang tertarik untuk belajar dan mengenal apa itu panahan tradisional dan bagaimana penerapan aktifitas panahan tradisional itu dalam kehidupan sehari-hari.

“Dan kami juga sebagai penggiat Horsebow menginginkan panahan tradisional ini menjadi salah satu instrument untuk mendidik generasi muda selanjutnya sebagai gaya hidup baru mereka juga,”ucapnya.

Saat ini, di Lampung sendiri jumlah anggota yang tergabung dalam Perkumpulan Olahraga Panahan Berkuda Indonesia (POPBI) ada sebanyak 25 orang, sedangkan jumlah anggota panahan tradisional yang tergabung dalam binaan lepas dikomunitas Horsebow Lampung ada sekitar 300an orang.

“Untuk bisa bergabung di Perkumpulan Olahraga Panahan Berkuda Indonesia sendiri kita sedikit menseleksi mereka yang memang berminat kuat dan memiliki semangat belajar yang lebih di Horsebow baru kita rekrut kedalam KPBI dan digembleng didalam situ,”tutur Panji.

Dalam waktu dekat ini, POPBI yang ada di Lampung akan menyelenggarakan event panahan tradisional skala nasional yang direncanakan di akhir tahun 2019. “Kemungkinan event panahan tradisional skala nasional terdekat yang berada dibawah naungan POPBI ini akan diselenggarakan di Lampung. Open tournament yang akan diadakan di akhir tahun ini terbuka bagi semua daerah yang ingin ikut,”paparnya.

Komentar