Unggul Lebih Dulu, City Tumbang di Kandang Newcastle

LONDON, LAMPUNHGWAWAI.COM – Ambisi Manchester City menempel Liverpool di puncak klasemen kandas. Itu setelah The Citizes takluk 1-2 di markas Newcastle United di St James’ Park, Rabu (30/1/2019) dini hari WIB.

Pada duel pekan ke-24 Premier League seperti dikutip detikcom, City unggul cepat di menit pertama lewat gol Sergio Aguero. City tampaknya akan menang mudah mengingat mereka begitu dominan dengan 76 persen ball possesion.

Tak cuma itu, City juga membuat 12 attempts dengan empat on goal. Sementara, Newcastle cuma bikin enam dengan dua tepat sasaran.

Tapi, dua tembakan tepat sasaran Newcastle itu seluruhnya berujung gol di babak kedua. Salomon Rondon menyamakan skor pada menit ke-65 sebelum Matt Richie memastikan tiga poin lewat penalti pada menit ke-80.

Kekalahan keempat City ini membuat mereka tertahan di posisi kedua dengan 56 poin. Tapi selisih empat poin bisa melebar andaikan pemuncak klasemen, Liverpool, mengalahkan Leicester dini hari nanti. Newcastle naik ke posisi ke-14 dengan 24 poin.

BACA:   Gol Rendi Loloskan Putrad ke Final

Pertandingan baru berjalan 25 detik, City sudah membuka skor lewat Aguero. Raheem Sterling di tepi kotak penalti mengirim bola ke sisi kiri dan disundul balik ke depan gawang oleh David Silva. Aguero dengan sepakan setengah voli membobol jala Martin Dubravka.

Setelah gol cepat tersebut, City mendominasi laga dan tak memberikan Newcastle kesempatan mengembangkan permainan. Pada menit ke-17, City sebenarnya mencetak gol lagi lewat Aguero tapi dianulir wasit. Pasalnya dalam proses gol tersebut, Kevin De Bruyne terlalu cepat mengeksekusi tendangan bebas meski wasit belum meniup peluit.

Pada menit ke-22, Christian Atsu menghasilkan peluang untuk Newcastle tapi sepakannya membentur John Stones dan melayang di atas mistar.

City terus menekan pertahanan Newcastle dan nyaris mendapat gol kedua pada menit ke-44 ketika Leroy Sane mendapat crossing dari Danilo, tapi barisan belakang lawan mampu menghalaunya. Bola liar jatuh di kaki Silva tapi masih belum menemui sasaran.

Memasuki babak kedua, City langsung tancap gas dan membuat peluang berbahaya pada menit ke-49 ketika Sane melepaskan umpan silang ke depan gawang, Di sana ada Sterling yang harusnya dengan mudah mencocor bola tapi dia salah perhitungan dan gagal membuat gol.

BACA:   Rica Oktavia Tambah Emas Indonesia

Dubravka membuat penyelamatan gemilang pada menit ke-58 ketika dia dengan susah payaj menepis sepakan melengkung Silva. Bola muntah jatuh di kaki Sane tapi dengan cepat dihalau.

Newcastle akhirnya menyamakan skor pada menit ke-66 lewat Rondon yang melepaskan sepakan voli di muka gawang dan tak bisa dihalau oleh Ederson.

Tuan rumah berbalik unggul pada menit ke-80 ketika pelanggaran Fernandinho kepada Sean Longstaff berbuah penalti. Ritchie yang jadi eksekutor dengan dingin menaklukkan Ederson lewat sepakan terukur ke pojok kiri gawang.

City berupaya menyamakan skor di 10 menit terakhir pertandingan tapi sia-sia karena Newcastle tetap menang 2-1.(*)

Susunan pemain

Newcastle United: Martin Dubravka; DeAndre Yedlin, Florian Lejeune, Fabian Schar, Jamaal Lascelles, Matt Ritchie; Isaac Hayden, Sean Longstaff, Christian Atsu (Kenedy 87′); Ayoze Perez (Javier Manquillo 91′), Salomon Rondon.

Man City: Ederson; Kyle Walker, John Stones, Aymeric Laporte, Danilo (Ilkay Guendogan 83′); Fernandinho, David Silva, Kevin De Bruyne (Bernardo Silva 65′); Leroy Sane (Gabriel Jesus 73′), Raheem Sterling, Sergio Aguero.

Komentar